Halaman

Selasa, 16 November 2010

Pahlawan Nasional Sultan Thaha Syaifuddin (1816 – 1904)

Pahlawan Nasional
Sultan Thaha Syaifuddin
1816 – 1904



Sultan Thaha Syaifuddin, seorang pahlawan Nasional yang lahir di Jambi pada tahun 1816. Merupakan sosok yang tak pernah gentar dalam membela tanah air. Secara tegas dan berani beliau menyatakan penolakan terhadap kekuasaan pemerintah Belanda. Pada tahun 1855, Beliau mengadakan penyerangan kembali ke Batang Asai sehingga mampu melumpuhkan pertahanan Belanda.
Pada tahun 1858, Sultan Thaha bersama rakyat Jambi berhasil menenggelamkan kapal Hotman milik Belanda. Kepandaian dan kecakapan Sultan Thaha, ditambah lagi hubungan baik dengan banyak pihak membuat Beliau dengan mudah menjalin kerjasama dengan negara-negara lain seperti Turki, Amerika, Inggris untuk memperoleh bantuan senjata dan amunisi yang dimanfaatkan dalam penyerangan melawan Belanda.
Masa perlawanan terhadap Belanda di bawah kepemimpinan Sultan Thaha berlangsung selama lebih 46 tahun. Beliau wafat pada tahun 1904 dalam pertempuran melawan tentara Belanda di Betung Bedarah, Muaro Tebo, Provinsi Jambi. Sampai akhir hayatnya, perjuangan Sultan Thaha tidak pernah dapat dipatahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar